banner1_gibranspch.jpg

Terima kasih telah mengunjungi website kami. Luangkan sejenak waktu Bunda untuk membaca artikel mengenai “speech delay” ini.  Apa itu “speech delay” pada anak ? Bagaimana gejalanya ?

Seiring dengan bertambahnya usia anak, perkembangan keterampilan, interaksi, daya tangkap, dan berbicara dapat sangat bervariasi. Banyak yang sudah mulai mengucapkan “mama” “papa” ataupun “da-da” bahkan sebelum usianya genap 1 tahun. Umumnya Balita mampu mengucapkan 20 kata pada usia 18 bulan. Bagaimana jika pada usia 2 tahun anak cenderung diam ? apakah mengalami “speech delay” ? “Speech Delay” dapat ditranslate sebagai Lambat Perkembangan Bicara. Berbicara sangat erat kaitannya dengan interaksi dan bahasa. 

Berbicara dapat diartikan ekspresi verbal dari bahasa termasuk bagaimana suata kata diucapkan dan artikulasinya. Sementara Bahasa merupakan cara menyampaikan dan menerima informasi baik secara verbal(diucapkan), gesture (gerak tubuh/bahasa tubuh), disimbolisasikan (misalnya ditulis atau digambar).

Lalu bagaimana contoh kondisi Speech Delay/Lambat Kembang Bicara ? Seorang anak yang mengalami hal tersebut mungkin mampu mengucapkan kata-kata dengan baik dan jelas namun hanya satu sampai dua kata, anak lebih memilih menggunakan bahasa tubuh untuk menyampaikan informasi, ataupun menggunakan kata-kata namun pengucapannya kurang jelas. 

Dikutip dari kidhealth.org suatu lembaga nirlaba yang bertujuan membantu orang tua, anak dan remaja dalam hal kesehatan, tahap perkembangan untuk setiap anak sama, usia setiap anak dalam mencapai setiap tahapannya bisa sangat bervariasi. Berdasarkan hal tersebut tahapan perkembangan bicara anak pada rentang usia umumnya adalah sebagai berikut :

Dibawah 12 Bulan, Bayi bereaksi terhadap suara, cahaya, babling. Pada kisaran usia 9 bulan bayi mengucapan kata sederhana seperti “mama” “papa” dan mulai mengenali barang disekitarnya seperti dot atau botol susu.

Pada usia 12 sampai 15 bulan, anak mulai mengucapkan lebih banyak variasi suara pada saat babling, dan terkadang mengucapkan satu atau dua kata. anak juga mulai bereaksi misalnya seperti mengarahkan tangan saat diberi mainan atau memegang botol susu.

Pada usia 18 sampai 24 bulan, kebanyakan anak (tidak semuanya) mampu mengucapkan 20 kata, dan menekati usia 24 bulan bahkan bisa 50 kata. Pada usia 2 tahun anak mulai mengucapkan kalimat sederhana seperti “mama maem” atau “mimi susu” dan dapat mengikuti perintah sederhana seperti menunjuk mata, hidung, dan telinga. 

Pada usia 2 sampai 3 tahun, kebanyakan anak mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam berbicara, lebih dari 50 kata mampu diucapkannya dan mulai menggunakan kalimat untuk menyampaikan maksudnya. Anak mulai belajar warna dan logika sederhana seperti “besar dan kecil”. anak juga mulai dapat mengikuti perintah sederhana seperti mengambil bola, atau meletakkan botol susu keatas meja.

Tahapan diatas merupakan tahapan perkembangan umumnya anak pada tiap rentang usia. Bukan menjadi patokan “normalnya” seperti sudah dikatakan diatas bahwa tahapannya saja yang sama, usia mencapai setiap tahapannya bisa berbeda-beda untuk setiap anak. Lalu apakah suatu pertanda jika anak mengalami gejala Speech Delay/Lambat Kembang Bicara ? Ada beberapa hal yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi gejala tersebut pada anak

  • pada usia 12 bulan anak belum menggunakan gesture tubuh untuk menyampaikan sesuatu
  • pada usia 18 bulan anak lebih intens menggunakan bahasa tubuh seperti menunjuk dibandingkan bersuara, anak mengalami kesulitan menirukan suara dan mengalami kesulitan mengikuti permintaan sederhana seperti ajakan untuk senyum
  • memasuki usia 2 tahun anak baru mampu hanya menirukan suara dan belum mengucapkannya secara spontan (kemauan sendiri), mengucapkann kata-kata itu-itu saja secara berulang2 atau mengucapakan kata yang hanya dimengerti oleh dia saja, anak belum mampu mengikuti perintah sederhana seperti mengambil mainannya ataupun memakai sandal sendiri.

Faktor apa saja yang menjadi penyebab anak mengalami Speech Delay/Lambat kembang bicara ? 

  1. Oral impairment, seperti masalah pada lidah, langit-langit mulut, dan bagian bawah lidah yang pendek sehingga menghambat pergerakan lidah untuk memproduksi suara.
  2. Masalah pada pendengaran, anak yang mengalami gangguan pada pendengaran kemungkinan besar  mengalami kesulitan dalam artikulasi sebagaimana memahami, meniru, maupun menggunakan bahasa verbal.
  3. oral-motor problems, ini yang banyak dialami oleh umumnya anak yang mengalami gejala Speech Delay. Kondisi ini terjadi ketika ada masalah di area otak yang berfungsi untuk berbicara, membuat anak sulit untuk mengoordinasikan bibir, lidah, dan rahang untuk menghasilkan suara ucapan. Anak dengan kondisi ini juga mungkin memiliki masalah motorik oral lainnya, seperti kesulitan makan.

Untuk Faktor nomor 1 dan 2, penanganan secara medis sangat dianjurkan. Sedangkan untuk Faktor ke 3 dapat dibantu dengan stimulus perkembangan kecerdasan otak anak dengan Madu Anak Gibran Hi-Brain yang diformulasikan untuk menstimulasi kecerdasan anak. Sudah terjual ribuan selama lebih dari 1 tahun. Simak testimoninya berikut ini.

Sentuh dan Tahan untuk Baca, Geser Ke Kiri/Kanan Pada Gambar Untuk Lihat Testimoni Berikutnya.

** Testimoni Diatas Merupakan Testimoni Asli Tanpa Rekayasa, Hasil dan Perkembangan yang Diperoleh Setiap Konsumen Bisa Jadi Berbeda dengan Testimoni Tersebut Diatas.

Madu Kecerdasan Anak Gibran Hi-Brain Merupakan Madu yang khusus diformulasikan untuk kebutuhan nutrisi otak bagi anak-anak. Karena mengandung berbagai macam herbal alami yang sudah dipercaya turun-temurun untuk membantu perkembangan pola berpikir anak hasil penelitian ahli herbal indonesia. Komposisi Gibran Hi-Brain Madu Anak Plus+ terdiri dari :

  • Madu Murni Pilihan yang khasiatnya diantaranya Pemanis Alami alternatif pengganti gula sebagai sumber energi. Antibakteri dan Pengawet Makanan Alami.
  • Cantella Asiatica Herba yang memiliki khasiat diantaranya Meningkatkan perkembangan syaraf memori Meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kecerdasan. Melancarkan peredaran dan sirkulasi darah, terutama ke otakTonik, Anti-bakteri, anti-spasma, anti-inflamasi, anti-alergi, hipotentif, dan stimulan
  • Spirulina yang Mengandung nutrisi mikro yang sangat berkhasiat seperti zeaxanthin, beta-karoten, phycocyanin yang berfungsi sebagai anti-oksidan. Meningkatkan perkembangan sistem imunMeningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan berbagai penyakit menular. Meningkatkan fungsi dari sistem kardiovaskular.
  • Propolis yang Mengandung berbagai jenis vitamin (Vitamin A, B2, B6, E, C, D, H,P, asam folat, asamnikotinat) termasuk vitamin K, Mengandung 16 rantai Asam amino esensial yang dibutuhkan untuk regenerasi sel,  Artepilin C yaitu antioksidan yang menghambat pertumbuhan kanker,  Bioflavanoids, yaitu zat antioksidan anti virus, anti bakteri, anti jamur, anti peradangan.
  • Habbatussauda yang berkhasiat membantu tumbuh kembangnya syaraf motorik dan sel-sel otak, obati diare, dan membantu metabolisme dalam tubuh anak dan meningkatkan konsentrasi pada anak. Mengandung asam linoleat yang merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasanMengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun.
  • Omega 3 6 9 dari Gamat Emas dan Minyak Ikan yang Mengandung senyawa  eicosanoid untuk kekebalan tubuh dan mengendalikan peradangan. Mengandung Docosahexaenoic acid asam lemak yang sangat diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak. Menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Meningkatkan respon peradangan dan penyerapan vitamin.
harga-gibran-mjb3.jpg

PRIORITAS PENGIRIMAN Untuk customer yang transfer pembayaran duluan. Mau Bayar Ditempat COD juga bisa, kami menyediakan layanan bayar ditempat melalui kurir JX Express chat aja lewat wa ke customer service kami untuk cek apakah alamat bunda tercover layanan COD JX Express bayar ditempat atau tidak. 

Cara Ordernya Gampang, Lewat Whatsapp aja. Tekan/Sentuh tombol dibawah ini untuk chat dengan customer service kami. Infokan alamat lengkap Bunda agar memudahkan kami melakukan pengecekan ongkos kirim ya.

Masih ada yang mau ditanyakan terkait produk Gibran Hi-Brain Madu Anak Plus+? Chat aja via Wa ya bunda lewat tombol diatas :). Mau beli di Shopee atau Lazada juga bisa. Klik aja link dibawah ini, kami juga ada lapak Madu Jaya Bersama di Shopee dan Lazada. Tapi kami tidak melayani komplain dan diskusi diluar pembelian di lapak kami ya Bunda…